Menjadi Koperasi Berbadan Hukum

Puskopdit Handriyah Snggraha mendukung dalam pengajuan badan hokum dengan tetap memakai nama koperasi kredit, karena hal ini telah menjadi trade mark kita. Kepala kantor koperasi menyampaikan hal yang perlu disimak, jika kopdit karya jasa ingin hokum,agar didukung dengan pengelolaan secara professional sehingga mampu menghadapi AFTA dan era globalisasi yang segera datang. Diharapkan anggota sungguh-sungguh menjadi anggota yang simpan pinjam, bukan pinjam simpan, serta usaha atau pelayanan yang selama ini bersifat konsumtif hendaknya mulai diarahkan pada usaha-usaha yang produktif.

Setelah memalui beberapa tahapan dari proses pengajuan badan huku =m, akhirnya kopdit karya jasa pada tanggal 11 Oktober 1999, resmi memperoleh badan hukumnya dengan nomor BH :0123/BH/6.9. 11 Oktober 1999, sehingga dengan demikian keberadaan kopdit karya jasa telah diakui oleh pemerintahan dan semakin kokoh dalam menjalankan usahanya. Karya jasa telah diakui oleh pemerintah dan semakin kokoh dalam menjalankan usahanya. Dengan telah berbadan hukumnya kopdit karya jasa, diharapkan mampu dan siap bersaing dengan lembaga keuangan lain alam menyonsong tantangan abad ke-21.

Tema rapat anggota tahunan ke-10, tahun buku 1999 “Dalam Era Globalisasi Kita Tingkatkan Kwalitas Insan Kopdit Dalam Membangun Ekonomi Keluarga” yang dihadiri 416 anggota dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2000. Untuk memeriahkan acara acara RAT ke 10 diadakan Kuis berhadiah tentang Kopdit Karsa. Tujuannya untuk mengetahui seberapa jauh anggota mengerti, memahami dan mengikuti perkembangan Kopdit Karsa, bagi yang menjawab dengan benar dari pertanyaan yang disampaikan diberikan hadiah hiburan dalam bentuk uang tunai.

Badan Pengawas memberikan tanggpaan terhadap laporan RAT tahun buku 1999 dalam hal keuangan dimana beban dibandingkan dengan pendapatan tidak ideal dipengaruhi pengeluaran-pengeluaran untuk biaya Pembentukan Badan Hukum, HUT ke 25 serta pembayaran bunga simpanan sukarela yang selalu meningkatkan disamping itu terjadi penurunan perputaran modal sebesar 5,93% dari tahun 1998 sisebabkan semakin banyak anggota yang meminjam diatas Rp.5.000.000,- dan proses pengembalian dari anggota lambat. Dalam RAT kali ini disepakati bung simpanan sukarela diturunkan dari 10% menjadi 8% pertahun.

AUDIT DARI BK3l

Kopdit Karsa untuk Yang pertama kali dalam masa perjalanannya dilakukan auditing. Tim Audit dari BK3l Dan dari Puskopid Handriya Sanggraha pada tanggal 12 April 2000. Audit ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan koperasi dalam penyelenggaraan usaha, yang didalamnya termasuk kerapian penyelengaraan pembukuan, pengarsipan, struktur organisasi, tugas dan tanggung jawab pengurus serta struktur keuangan yang ideal dalam koperasi kredit. Pada audit ini Kopdit Karya Jasa mendapat nillai yang menggembirakan bagi kita semua. Kopdit Karya Jasa dinyatakan dalam kondisi SEHAT  dengan skor 85.32.

Sebagai tindak lanjut dari koperasi kredit yang besar, untuk memberikan pendidikan pada anggota, pengurus melakukan penyuluhan-penyuluhan terhadap anggota maupun kunjungan ke unit cabang-cabang Charitas tanggal 3 Maret 2000 penyuluhan di mulai dari Cabang Charitas Sako Kenten, ada 7 orang peserta yang mengikuti, kemudian dilanjutkan cabang Charitas km 7 dan Pnati Wredha.

Selain penyuluhan-penyuluhan tentang Koperasi Kredit , anggota diikutsertakan dalam Pendidikan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas anggota agar lebih memahami dan mengerti bagaimana pengelolaan kopdit yang baik serta untuk regenerasi kepungurasan. Seperti halnya diwujudkan pada tanggal 22 Mei 200 s.d 26 Mei 2000 dikirim sebanyak 28 orng untuk mengikuti pendidikan dasar yang diselenggarakan oleh Puskopdit Handriya terbaik di Sumsel.

Untuk lebih mengetahui perkembangan ekonomi koperasi dilingkungan atau daerah lain serta merupakan suatu cara belajar menuju kea rah kemajuan, pengurus Kopdit Karya Jasa melakukan kunjungan/ studi banding ke Kopdit HUB Cinta Manis (Banyu Asin) Kopdit daerah yang sudah besar dan terkenal serta telah beberapaa kali mendapat predikat sebagai Koperasi terbaik Sumsel.

Dari hasil kunjungan pada tanggal 23 Juni 2000 Kopdit Karya Jasa mencoba menerapkan pengalaman-pengalaman maupun pola kebijakan dalam Koperasi Kredit Hub Cinta Manis yang sesuai untuk diterapkan serta dilaksanakan pada Kopdit Karsa dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan professional pada anggota.

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Kami akan memberikan informasi dan konsultasi untuk kebutuhan Anda. jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga.

Karya Jasa terus berkomitmen untuk berkerja untuk kemajuan dan kesejahteraan anggotanya. Sukses Karya Jasa

Kristiono Sudirno
Co Founder, Sriwijaya Host & Media Anda

Anda perlu informasi yang lebih lengkap tentang kami?