Kopdit Model 2000

Memasuki tahun 2001, Ketua bersama Manager mengikuti Semiloka Program Penguatan Koperasi Kredit, pada tanggal 5 Januari 2001 s.d 7 Januari 2000 di hotell paradis Palembang. Semiloka yang diselenggarakan oleh Puskosipa Puskosipa Handriya Sanggraha ini menekankan untuk Koperasi Primer ataupun Kopdit – Kopdit di sumatera selatan mampu mengantisipasi dan menyikapi keadaan ekonomi, dimana pesaing pesaing lain makin banyak dan kuat. Melihat keadaan ini diharapkan Kodit mampu  bersaing dan tetap jaya didalam menyesejahterakan anggotanya. Pada awal tahun ini pula Kopdit Karya Jasa mengikuti “Lokakarya pengenalan dan orientasi Kopdit Model 2000 Tahap ll” yang diselenggarakan oleh BK3l atau inkopdit diBandung pada tanggal 31 Januari 2001 s/d 03 Februari 2001. Kopdit Model 2000 merupakan bentuk pendidikan yang diselnggarakan oleh INKOPDIT  Jakarta bekerja sama dengan Canandian Cooperative Association (CCA) yang berada di Ottawa Kanada dengan modul pelatihan Program Pengembangan Pengurus dan Manajemen Koperasi Kredit Indonesia. Kopdit Karsa mrngikuti Kopdit Model 2000 ini dengan mengirimkan pengurus maupun manajemen yang terbagi dlam beberapa modul dengan wakut yang berlainan dan mesti diikuti secara runtut. Modul Program Pengembangan Pengurus Koperasi Kredit Indonesia tersebut adalah:

  1. Modul l tentang Orientasi Bagi Pengurus dan Manajemen
  2. Modul ll tentang Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Pengurus
  3. Modul lll tentang Manajemen Sumber Daya Manusia bagi Pengurus
  4. Modul lV tentang Manajemen Sumber Daya Manusia bagi Pengurus

Tujuan dari modul tersebut bagi pengurus maupun manajemen untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang:

  • Perkembangan gerakan Koperasi Kredit di Indonesia
  • Prisip – prinsip koperasi
  • Pernana dan tanggung jawab pengurus
  • Struktur pengawasan local dan nasional
  • Perencanaan, estimasi keuangan kopdit
  • Kepemimpinan sebagai tanggung jawab mendasar dari anggota pengurus

Pelatihan Kopdit Model 2000 lebih ditekankan kepada pengurus dan manajemen untuk lebih mampu mengelola koperasi kredit secara professional dengan tidak meningalkan prinsip-prinsip koperasi, motto “ Melalui pendidikan yang berkesinambungan akan memandirik          an koperasi kredit”.

RAT ke-11 tahun buku 2000 dengan tema “DENGAN KEBERSAMAAN KITA SAMBUT PROGRAM KOPDIT MODEL 2000 SEBAGAI WUJUD MEMPERKOKOH KOPDIT KARYA JASA” dihadir oleh 435 orang anggota. Dalam RAT ini dihadiri oleh undangan dari Dinas Koperasi dan Penguasa Kecil menengah Kotamadya Palembang, Ketua dan Direktur Eksklusif Puskopdit Direktur RS.Charitas dan dari Kopdit Primer lainnya .

Dalam sambutannya Direktur RS.Charitas menyampaikan beberapa hal penting  yang mesti diperhatikan adlah kepercayaan anggta koperasi, integritas Kopdit yang bagus dan peningkatan manajemen rofesional. Sambutan kertua puskopdit handriyah sanggraha Palembang atas RAT ke 11 Kopdit Karsa pada tanggal  18 Februari 2001 menekankan pada pelatihan kopdit modle 2000 dimana sasaran kopdit model 2000 adalah memperbanyak anggota, meningkatkan modal/dana dan meningkatkan mutu manajemen. Smbutan terakhir dari kepala dinas Koperasi dan pembinaan pengusaha kecil kotamadya Palembang, menyampaikan bahwa kopdit karya jasa harus mempertahankan manajemen kopdit dan harus menekankan pentingnya pendidikan dalam kemajuan kopdit.

Pengurus dan karyawan kopdit karya jasa mengadakan study banding ke lampung dan Jakarta, untuk menambah wawasan tentang kopdit dan manajemennya, serta mempelajari bagaimana kopdit kopdit itu dapat berkembang dengan pesat dan bisa disebut professional. Kopdit yang dikunjungi di Jakarta adalah kopdit SEHATI, BIN SEROJA dan PUSKOPDIT JAKARTA. Kemudian di Lampung, mengunjungi Puskopdit Lampung dan Kopdit. St. Alberto Genti Aras, Pring Sewu salah satu Kopsdit yang berkembang sangat pesat.

Hasil dari study banding tanggal 14 Oktober s.d 15 Oktober 2001 tersebut yang sekiranya sesuai akan dicoba diterapkan di Kopdit Karya Jasa, seperti halnya poljak (pola kebijaksanaan) yang ada, ditinjau kembali dan diperbaharui, penyajian laporan keuangan yang lebih mudah dan lebih mantap serta pelayanan terhadap anggota diutamakan seperti member kemudahan kepada anggota  untuk kredit sepeda motor baru dengan syarat yang mudah hanya dengan memiliki simpanan sukarela Rp.2000.000 anggota dapat mengambil sepeda motor baru dengan bunga yang relatif murah. Anggota tinggal pergi ke Dealer Motor yang disukainya (kerja sama dengan beberapa Dealee motor berbagai merk)

Hasil RATa ke 12 tahun buku 2001 yang dihadiri 500 anggota yang diadakan di Aula RS RK Charitas tanggal 3 Maret 2002 menghasilkan beberapa kesepakatan antara lain :

  1. Pedoman dalam memutuskan pinjaman tetap mengacu pada TUKKEPAR
  2. Anggota baru 3 bulan, pinjaman sebanyak 2 kali simpanan sukarela atau maksimal sebesar Rp. 1.500.000
  3. Plafon pinjaman untuk renovasi rumah dan umum lain-lain maks Rp. 15.000.000
  4. Pinjaman khusus untuk membangun rumah atau membeli rumah maks Rp. 20.000.000
  5. Pinjaman khusus dokter maksimal Rp. 30.000.000 (3 x SS) dan dengan angsuran minimal Rp.500.000
  6. Pinjaman usaha produktif maks Rp.20.000.000
  7. Pinjaman sepatu maksimum Rp.300.000
  8. Pinjaman elektronik maksimum Rp.2.500.000
  9. Pinjaman darurat sebagai pengganti kas bon sebesar Rp.300.00
  10. Kaeanggotaan:
  • karyawan produktif atau aktif sebagai anggota biasa
  • kontrak dan pensiun sebagai anggota luar biasa
  1. Peluncuran SIBIKO (Simpanan Biaya Sekolah) dan Simphari (Simpanan Harian) dr.Hardi Darmawan MPH&TM, FRSTM selaku Direktur Utama memberikan sambutannya dalam RAT yang bertemakan MELALUI PEMILIHAN PENGURUS BARU KOPDIT KARYA JASA, KITA TINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MEMASUKI ERA GLOBALISASI dengan menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :
  • Pengelolaan Kopdit Karsa semakin mantap sehubungan dengan program kerjanya mendekati estimasi
  • Ada tiga pilar dalam Kopdit yaitu:
  1. Swadaya didalam menciptakan modal sendiri
  2. Solidaritas antar anggota yang terwujud dalam setia kawan dan bela rasa
  3. Pendidikan yang berkesinambungan dan berjenjang mulai dengan Kopdit Primer Puskopit, Inkopdit maupun dengan CCA
  • Menyambut positif Kopdit Model yang diselenggarakan Inkopdit kerjasama dengan CCA
  • Mengajak pengurus untuk merealisasikan peleburan Kopdit Karsa dengan Koperasi Karyawan (Koperasi Konsumsi)
Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Kami akan memberikan informasi dan konsultasi untuk kebutuhan Anda. jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga.

Karya Jasa terus berkomitmen untuk berkerja untuk kemajuan dan kesejahteraan anggotanya. Sukses Karya Jasa

Kristiono Sudirno
Co Founder, Sriwijaya Host & Media Anda

Anda perlu informasi yang lebih lengkap tentang kami?