Era Perkembangan

Rapat anggota tahunan ke-7 tahun buku 1996, diselenggarakan di Aula Charitas pada tanggal 23 Februari 1997 yang dihadiri 309 anggota dengan tema “DENGAN SEMANGAT”. Sisa hasil KOPDIT KITA TINGKATKAN KWALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KELUARGA.” Sisa Hasil Usaha yang dicapai selama tahun 1996 sebesar Rp.31.215.993.- sedangkan kekayaan nya sebesar Rp.271.162.122.- dalam tahun 1996 anggota sangat antusias dengan produk yang ditawarkan oleh Kopdit Karsa dimana pemanfaatan pinjaman rumah oleh anggota dangat luar biasa dibandingkan dengan produk pinjaman lainnya, dari total pinjaman sebesar Rp. 292.065.000.- pemanfaatan untuk perumahan sebesar Rp.151.941.000.00 atau 52% dari total pinjaman langkah langkah yang dilakukan oleh pengurus dalam tahun 1997 didalam meningkatkan kwalitas usaha pemodalan, menggairahkan anggota untuk menyimpan uangnya di Kopdit Karsa dan menarik calon anggota adalah sebagai berikut:

  1. Simpanan sukarela diberi bunga 10% /th, dihitung tiap akhir bulan untuk simpanan yang sudah mengendap minimal satu bulan yang diterapkan sejak 31 Maret 1997
  2. Memberikan paket bingkisan hari raya natal dan lebaran berupa sembako dengan nilai sebesar Rp.20.000,- per orang

Pembagian sembako yang pertama kali ini diberikan pada anggota yang sudah mempunyai masa keanggotaan minimal 3 bulaan dan pembagian paket tersebut dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada tanggal 17 Desember 1997 bagi anggota yang merayakan hari natal dan grlombang kedua pada tanggal 12 Januari 1998 bagi anggota yang merayakan Idul Fitri.

Ditengah perekonomian Indonesia yang memprihatinkan, Kopdit Karsa tetap menjalankan rutinitasnya untuk menyelenggarakan RAT   pada tanggal 22 Februari 1998 dimana pada rapat anggota tahunan yang ke-8 tahun buku 1997, untuk mengambil tema “DENGAN RAT Vlll, KITA TINGKATKAN KESETIAAN DALAM BERKOPERASI UNTUK KESEJAHTERAAN BERSAMA “ yang diselenggarakan di Aula RS Charitas, dihadiri 232 anggota menghasilkan kesepakatan sebagai berikut:

  1. Tidak akan melakukan perubahan yang mendasar tentang simpanan dan pinjaman sehubung dengan situasi ekonomi yang tidak menentu(Krismon)
  2. Pinjaman Jangka Pendek (Kupon Sepatu) bagi karyawan RS Charitas yang non angota mulai bulan Februari 1998, dihapuskan. Diharapakan agar semua karyawan masuk menjadi anggota Kopdit Karya Jasa.

Bunga simpanan sukarela dibagikan kepada anggota sesuai denganrencana kerja tahun 1997 bunga yang dibagikan tersebut sebesar Rp.17.943.442, selain itu dalam RAT ke Vlll juga disampaikan peleburan kopdit karsa dan kopkar charitas belum selesai Karen amasih banyak hal yang dipersiapkan dalam  peleburannya. Oleh karena ada proses peleburan kedua operasi ini mengakibatkan pemilihan pemgurus baru ditangguhkan.

“DENGAN SEMANGAT REFORMASI, KITA TINGKATKAN KUALITAS KOPERASI UNTUK MEMBANGUN EKONOMI RAKYAT” tema ini digelar pada rapat anggota tahunan ke –lX bertepat diaula Rs.charitas denga dihadiri oleh 313 anggota. Pemilihan pengurus dilakukan dalam RAT ke-IX ini sebagai perwujudan reorganisasi kepengurusan yang sempat tertunda selama satu tahum, dari hasil pemilihan Bpk.V.Eddy Cahyono ditunjuk sebagai ketua kopdit karsa periode 1999-2002. RAT yang dilaksanakan pada tanaggal 28 Februari 1999  dimana bangsa Indonesia sedang mengalami goncangan/gejolak social, politik dan ekonomi yang secara wajar sesuai dengan yang diharapkan , diisatu sisi peroleh SHU (Sisa Hasil Usaha ) naik 81,59% atau sebesar Rp. 28.117.309,- dimana SHU tahun lalu  (1997) Rp 34.461.601,- dan pada tahun 1998 menjadi Rp 62.578.910,- yang menambah kekayaan Kopdit Karsa menjadi Rp.660.739.903,- hal ini tercapai berkat kesetiian dan kesatuan dari anggota. Kenaytaan ini menunjukan bahwa koperasi kredit tetap eksis ditengah-tengah perekonomian Indonesia yang lagi lesu khususnya di sector perbankan.

Langkah pelan namun pasti yang sering dilakukan dalam mengambil keputusan demi keputusan yang sering dilakukan oleh pengurus, akhirnya terbentuklah Tim Persiapan Badan Hukum Kopdit Karsa pada tanggal 06 Mei 1999 dengan diketuai oleh Bpk.J.Soeparno SMPh. Pada tanggal 3 september 1999 diadakan rapat anggota khususnya dihadiri oleh 67 anggota perwakilan, sebagai satu proses menuju Badan Hukum Koperasi dipimpin oleh ketua Tim, Bapak Soeparno SMPH, menghasilkan kesepakatan sebagai berikut :

  1. Menyetujui nama Koperasi :
  • Koperasi Kredit Karya Jasa disingkat menjadi Kopdit Karsa.
  1. Alamat:
  • Komp.Charitas, jalan Jend Sudirman 1054, Kel.Aei Pangeran, Kec.Ilir Timur l, Kotamadya Palembang.
  1. Mengesahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi Kredit KARYA JASA.
  2. Menunjukan beberapa orang untuk menanda-tangani Akta Pendirian Koperasi, yaitu:
  • Vincentius Soetarno
  • Johanes Soeparno,SMPH
  • Valentinus Edy Cahyono
  • Michael Chandra
  • Clara Astuti
  1. Memberi KUASA kepada anggota tersebut diatas untuk melaksanakan proses pengurusan badan Hukum kepada pejabat berwenang.

Tanggal 16 September 1999 diadakan perayaan 25 tahun Koperasi Kredit Karya Jasa yang diselenggarakan  di Aula Rs Charitas, dihadiri oleh 286 anggota dan para undangan diantaranya Kepala Kantor Departemen Koperasi dan PPKM, Direktur Umum Rumah Sakit RK.Charitas, Ketua dan Direktur Eklusif Puskopdit Handariya Sanggraha.

Dalam sambutannya ada beberapa hal yang disampaikan dan dapat disimpulkan sbb; Kopdit Karya Jasa dari Sejak masa didirikan sampai saat ini telah memasuki usia 25 tahun, dan banyak mengalami kendala yang menyebabakan jatuh bangun dalam perjalanannya. Diharapkan Koperasi Kredit Karya Jasa dapat dikelola secara professional, dalam arti melakukan monitoring, auditing dan evaluasi serta feed back dari anggota nya. Direksi RS.Charitas mendukung sekali usaha yang dilakukan Kopdit Karya Jasa.

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Kami akan memberikan informasi dan konsultasi untuk kebutuhan Anda. jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga.

Karya Jasa terus berkomitmen untuk berkerja untuk kemajuan dan kesejahteraan anggotanya. Sukses Karya Jasa

Kristiono Sudirno
Co Founder, Sriwijaya Host & Media Anda

Anda perlu informasi yang lebih lengkap tentang kami?