Pendidikan Dasar Koperasi Kredit 17 – 19 Juni 2019

Pada tanggal 17 s/d 19  Juni 2019 Kopdit Karya Jasa mengadakan Pendidikan Dasar Koperasi yang dilaksanakan di TP Kopdit KM 7. Pendidikan ini diadakan bekerjasama dangan PUSKOSIPA Puskopdit Handriya Sanggraha yang menaungi koperasi koperasi kredit  wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 ( tiga) hari ini dihadiri oleh kurang lebih 30 ( tiga puluh ) anggota aktif  baik dari RS. Charitas, RS Myria dan beberapa anggota umum yang ingin memperbanyak pengetahuan tentang koperasi kredit. Pendidikan ini juga merupakan salah satu syarat untuk anggota yang ingin mencalonkan diri menjadi pengurus koperasi yang akan datang.

Acara di mulai pada pukul 15.00, dibuka oleh Bapak Ketua Kopdit Karya Jasa yang di wakili oleh Bpk. Ir. C. Wintoko, MM selaku manager koperasi dikarenakan bapak ketua berhalangan hadir. Setelah resmi dibuka acara dilanjutkan dengan pre test. guna dari pre test ini untuk mengetahui seberapa jauh peserta mengerti tentang koperasi dan Kopdit kita. Untuk hari pertama materi yang diberikan mencakup 4 ( empat ) materi pembahasan antara lain ; Dasar dasar Kopdit, Sejarah, Visi Misi dan jati diri koperasi, Struktur Organisasi & Jejaring Kopdit, Pembagian Tugas , dan yang terakhir Pendidikan dalam koperasi.

Untuk Materi pertama yaitu dasar-dasar kopdit, sejarah, visi misi dan jati diri kopdit disampaikan oleh Bapak Hendrik Sumiarsa. Beliau merupakan  anggota Panitia Pendidikan masa jabatan  2017 s/d 2019. Dalam materi ini peserta diajak untuk lebih memahami awal mula terbentuknya koperasi, sejarah koperasi dunia, serta visi misi apa yang anak koperasi kita tuju untuk kedepannya sampai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan dalam Renstra satu tahun yang lalu. Sedangkan untuk materi kedua mengenai Struktur organisasi dan jejaring koperasi materi ini disampaikan oleh salah satu manajemen Koperasi yaitu saudara Pontianus Toni. Dalam materi ini disampaikan jejaring koperasi yang terdiri dari; WOCCU ( World Council of Credit Unions, yang berpusat di Madison, Amerika Serikat ), dibawahnya ada ACCU ( The Asian Confederation of Credit Union, berpusat di Bangkok), adalagi INKOPDIT ( Induk Koperasi Kredit ). Dibawah INKOPDIT ada PUSKOPDIT yang berlokasi di Palembang khusus untuk wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu, dan untuk Indonesia kurang lebih ada 36 Puskopdit dan prapuskodit. Materi ketiga yang didsampaikan oleh Saudara Alexander Iman adalah Pembagian tugas para pengurus seperti tugas dari Panitia Pendidikan, Panitia Wirausaha, Panitia Kredit, Pengawas dan Dewan Pimpinan Koperasi.

Untuk hari kedua materi pelatihan mengenai Panitia Kredit, Akuntansi keuangan dan anggaran belanja keluarga. Hari kedua ini para peserta banyak melakukan perhitungan dan diskusi kelompok untuk memecahkan masalah yang sudah disiapkan oleh para fasilitator.Jadi peserta di hari kedua ini diharuskan untuk lebih aktif dari hari sebelumnya karena jika ada kesalahan dalam perhitungan maka peserta diharuskan untuk mengulang sampai jawabannya benar apalagi untuk materi Akuntansi keuangan. Sedangkan untuk anggaran belanja keluarga peserta diminta untuk menghitung pengeluaran pribadi dalam sebulan penuh guna untuk mengetahui apakah pendapatan sudah sesuai dengan pengeluaran yang selama ini dijalankan. Hari ketiga pelatihan hanya ada 2 ( dua  ) materi pelatihan, yaitu; pengawasan dalam  kopdit dan dana darurat sebelum dilanjutkan dengan Post test dan diakhiri dengan penutupan. Khusus dana darurat peserta diajarkan bagaimana kita harus menyediakan  dana darurat untuk berjaga jaga jika keadaan darurat menimpa kita.  Diakhir acara yang sudah ditutup oleh bapak Parwata, S. Sos selaku ketua Kopdit Karya Jasa dilanjutkan dengan hasil dari Pre Test dan Post Test, terdapat 3 ( tiga ) anggota yang memiliki nilai peningkatan terbesar dari pre test dan post test mendapatkan bingkisan yang sudah disiapkan oleh panitia acara.



Leave a Reply